BANTUAN ALAT PENGELOLAAN AIR GAMBUT


Pekan Tua - Bantuan alat pengelolaan air gambut oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Jakarta telah diterima oleh Pemerintah Desa Pekan Tua pada bulan Agustus 2017. Bantuan tersebut hanya berupa peralatan, sedangkan tempat, bangunan dan dana untuk mengoperasikannya digunakan dari dana Desa. Pada tahun 2017 Pemerintah Desa dan Masyarakat Bermusyawarah untuk mengalokasikan Dana Desa sebesar Rp. 100 juta. Yang mana dana tersebut di pergunakan untuk pembangunan tempat pengelolaan air gambut.
Tempat bangunan berada di Dusun Respen Bertuah lebih kurang 3 km dari Kantor Desa Pekan Tua.
Alat ini berfungsi untuk mengelola air gambut menjadi air bersih dan air minum galon sehingga bisa di konsumsi oleh manusia. Rencana dari Pemerintah Desa bantuan ini akan di serahkan ke BUMDesa Harapan Barokah Desa Pekan Tua sebagai unit usaha BUMDesa.
Sampai saat ini bantuan tersebut belum bisa di operasikan karena belum ada dari masyarakat desa yang berminat mau jadi pengelolanya. Pemerintah Desa masih menunggu permohonan dari masyarakat desa untuk menjadi pengelolanya. Seandainya pengelolanya sudah ada, pada tahun 2018 ini Pemerintah Desa dan Masyarakat telah bermusyawarah akan mengalokasikan dana desa lagi sebesar Rp. 100 juta untuk pembiayaan usaha pengelolaan air gambut tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROFIL PASAR DESA PEKAN TUA

PROFIL BUMDes HARAPAN BAROKAH

PERDES NOMOR 01 TAHUN 2010 TENTANG PEMBENTUKAN BUMDes